Minggu, 07 April 2013

Kewajiban Orang Kristen

Kewajiban Bersaksi

Kewajiban orang Kristen ialah bersaksi memberitakan Injil Kristus dengan cara yang baik, sopan, suci dan tidak bersifat imperialis. Kewajiban bersaksi dilakukan dengan perkataan yang suci, benar dan adil; kewajiban bersaksi dilakukan dengan perbuatan baik yang suci, benar dan adil; kewajiban bersaksi dilakukan dengan penuh tanggung jawab dalam setiap pekerjaan yang tepat, jelas, dan akurat. Kewajiban bersaksi hanya berpusat pada Tuhan Yesus Kristus dan firman Tuhan. Bukan pada kekuatan pada diri sendiri atau perkataan manusiawi. Kewajiban bersaksi dapat dilakukan melalui pendidikan, pekerjaan sosial, film, lagu, sinteron, budaya, dll. Kewajiban bersaksi juga dapat juga dilakukan melalui traktat, email, facebook, twiters, dll. Kewajiban bersaksi juga dapat dilakukan melalui khotbah, seminar, kkr, bakti sosial, pertolongan darurat, dll. Sudahkah Saudara memanfaatkan segala kemungkinan dan kesempatan yang ada? Tetaplah bersaksi bagi kemuliaan Tuhan Yesus Kristus.


Kewajiban Bersekutu


Kewajiban setiap orang Kristen untuk mengikuti dan menghadiri persekutuan. Karena orang Kristen tidak dipanggil untuk hidup sendirian tetapi hidup di dalam persekutuan yang suci. Kewajiban setiap orang Kristen untuk menghadiri kebaktian Minggu untuk beribadah kepada Tuhan dalam kurun waktu dua sampai tiga jam. Namun kewajiban bersekutu ini pun dapat dilakukan setiap tengah minggu atau setiap bulan di gereja atau di rumah jemaat. Kewajiban bersekutu merupakan kewajiban suci yang diperintahkan Tuhan. Jikalau orang Kristen tidak lagi bersedia melaksanakan kewajiban bersekutu ini, maka orang tersebut tidak layak menyandang dirinya sebagai orang Kristen. Sudahkah Saudara sungguh-sungguh melakukan kewajiban bersekutu ini?

Kewajiban Berbuat Baik

Kewajiban orang Kristen untuk berbuat baik sedemikian rupa kepada semua orang tanpa diskriminasi apa pun. Kewajiban berbuat baik dapat dilakukan secara pribadi, per kelompok, atau gereja. Kewajiban berbuat baik dilakukan di tengah keluarga, di tengah masyarakat dan di tengah kehidupan berbangsa. Jangan tanyakan perbuatan baik yang dapat dilakukan, tetapi lakukan saja berbuat baik, berbagi kasih, menjalankan keadilan, menyatakan kesucian hidup secara pribadi setiap hari. Kewajiban berbuat baik untuk menolong sesama tanpa diskriminasi apa pun, membantu orang miskin dan orang bodoh, membantu pemerintah dalam menjalankan kewajibannya, membantu para rohaniawan dalam melaksanakan misi perdamaian, membantu para politikus dalam menegakkan keadilan hukum, membantu para dokter dan para medis untuk menjaga kesehatan, dll. Tetaplah berbuat baik kepada sesama dalam segala keadaan. Sudahkah Saudara berbuat baik untuk sesama?

Kewajiban orang Kristen untuk menjaga lingkungan hidup di bumi sesuai kehendak Allah. Kewajiban lingkungan dapat dilakukan dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama sampah plastik; kewajiban lingkungan untuk menanam pohon, tanaman, dan berbagai tumbuhan yang berguna bagi manusia; kewajiban lingkungan dalam menggunakan air bersih, pengelolaan limbah industri dan rumah tangga, pemanfaatan sungai dan laut dengan benar, dll. Orang Kristen wajib memelihara dan mengelola lingkungan dengan baik. Karena itu sangat memalukan kalau ada orang Kristen yang merusak lingkungan, melakukan membalakan hutan secara ilegal, tidak mau melakukan rehabilitasi dan reboisasi; sangat memalukan kalau ada perusahaan industri yang dimiliki orang Kristen membuang limbah industri ke sungai dan laut sehingga merusak dan mencemari lingkungan hidup. Sudahkah Saudara menajaga lingkungan hidup sebagai kewajiban?



Kewajiban Belajar Teologia

Kewajiban orang Kristen untuk belajar teologi yang benar dan bertanggung jawab sesuai sumber dari Alkitab. Kewajiban berteologi bukanlah milik seminari atau para rohaniawan atau para aktivis gereja. Kewajiban berteologi merupakan kewajiban orang Kristen dalam mempertanggung jawabkan iman, kasih, dan harapannya. Kewajiban berteologi dilakukan dengan presaposisi bahwa Alkitab adalah firman Tuhan, segala kebenaran adalah kebenaran Allah, Allah yang mutlak dan personal yang transenden dan imanen merupakan sumber-sumber berteologi. Kewajiban berteologi dapat diperoleh dari pembelajaran teks, konteks dan makna asli dari seluruh Alkitab, pembelajaran dari sejarah penebusan dan gereja, sejarah perjanjian Allah dengan manusia, pembelajaran akan pemikiran bapa-bapa gereja abad-abad awal gereja berkembang, dll. Kewajiban berteologi selalui berpusat pada Allah Tritunggal (Bapa-Anak-Roh Kudus). Di luar ajaran dan sumber yang benar, maka kewajiban berteologi akan melahirkan penyesatan. Kewajiban berteologi tidak berhenti pada pengalaman dan pengertian, tetapi diuji dengan utuh berdasarkan Alkitab dalam kehidupan setiap hari di bumi ini. Sudahkah Saudara melakukan kewajiban berteologi?

Kewajiban membaca buku-buku teologia yang bermutu supaya kita tahu apa yang ada di dalam pemikiran para teolog dan kita dapat mengambil makna rohaninya untuk pedoman praktis sehari-hari. Kewajiban membaca buku teologia ini disosialisasikan bagi setiap orang Kristen di lingkungan sekolah, kampus, kantor, keluarga, masyarakat, pemerintahan, dll. Namun waspada dan singkirkanbuku-buku rohani yang bersumber hanya dari pengalaman pribadi saja, misalnya pengalaman ke neraka. Karena buku-buku rohani seperti itu tidak bermutu dan meremehkan keagungan Allah bagi manusia. Kewajiban membaca buku teologia bukan untuk rohaniawan, aktivis gereja, atau para teolog muda. Sudahkah Saudara membaca buku rohani yang bermutu, berkualitas, dan berdedikasi?Kewajiban membaca buku-buku ilmu pengetahuan dan sains yang bernilai sesuai dengan kebutuhan akademis, kebutuhan konseptual, dan kebutuhan praktis. Kewajiban baca buku tersebut merupakan sarana untuk mengembangkan mandat budaya, pengelolaan-pemeliharaan bumi dan isinya, bagi orang-orang Kristen di seluruh dunia. Kewajiban baca buku itu bukan hanya untuk menambah pengetahuan dan pengertian saja, tetapi juga untuk menambah wawasan berpikir dan bertindak. Karena segala kebenaran adalah kebenaran Allah. Kemalasan membaca buku akan menghambat kemajuan suatu peradaban. Sudahkah Saudara melakukan kewajiban membaca buku-buku ilmu pengetahuan dan sains?


Kewajiban Mengenal Budaya

Kewajiban mengenal budaya keluarga intinya supaya ia tidak kehilangan jati dirinya sebagai manusia berbudaya. Seringkali orang Kristen melupakan akar budayanya sehingga lupa akan fakta leluhurnya yang menjadi akar kehadirannya. Kewajiban ini bukan untuk Saudara menyembah leluhur dan kita menolak menyingkirkan sejarah leluhur. Kewajiban mengenal budaya keluarga ini diperlukan dalam melawan arus budaya asing yang terkadang merusak tatanan sosial budaya yang sudah baik. Misalnya, sikap hormat kepada orangtua dan menghargai guru, dimana hal itu telah hilang dan bergeser. Ketika ada pandangan orang asing menuntut kesetaraan gender, kita seringkali menyikapinya sebagai pembalasan atas ketertindasan, buka sebagai buah kebenaran Allah bahwa semua orang setara di hadapan Allah sebagai image of God. Kewajiban mengenal budaya keluarga merupakan bagian dari penghargaan akan keragaman yang Allah berikan kepada manusia. Sudahkah Saudara mengenal budaya keluargamu sendiri?


Kewajiban Berdoa

Kewajibanku setiap hari ialah berdoa dan membaca Alkitab supaya aku dituntun Tuhan untuk melakukan segala perbuatan yang benar. Bagaimana kudapat berbuat yang benar, jikalau aku sendiri tidak mengenal kebenaran? Karena aku bukanlah kebenaran. Tuhan adalah Kebenaran dan firman-Nya adalah kebenaran. Sebab itulah aku mau belajar kebenaran tiap hari karena di dalam kebenaran Allah, aku menerima kemerdekaan sejati. Maukah Saudara menjalankan kewajiban spiritual ini setiap hari?
Kewajibanku berbagi dengan sesama melalui doa-doa syafat bagi orang lain yang belum mengenal Jususelamat. Aku memang tidak pandai berbicara dan tidak pandai berkhotbah mengenai Juruselamat satu-satunya. Namun aku dapat melakukan kewajiban tersebut melalui doa-doa pribadiku. Orang lain tidak perlu tahu siapa orang yang kudoakan setiap hari; namun aku berharap orang-orang itu menerima keselamatan dari Allah, menerima berkat dari Tuhan, dan sejahtera hidupnya. Maukah Saudara peduli dengan sesama hari ini?


Kewajibanku setiap hari ialah bekerja di tempat yang dikaruniakan Allah. Karena Tuhan telah mengaruniakan talenta dan kekuatan fisik untuk bekerja. Sebab jikalau tidak bekerja, maka sesungguhnya aku tidak layak makan dan minum. Kewajibanku bekerja juga berguna untuk mencukupkan kebutuhanku dan keluargaku; aku pun bekerja supaya dapat juga sedikit berbagian dengan hal-hal sosial-budaya. Maukah Saudara menjalankan kewajiban bekerja ini tiap hari, karena bekerja juga sakral adanya?


Kewajibanku mendoakan seorang teman yang sedang dalam pergumulan di kota yang lain. Kuberdoa agar dia dan keluarganya selalu dalam pertolongan dan penghiburan dari Allah sehingga nyatalah damai sejahtera Kristus memerintah hidupnya dan keluarganya. Kuberdoa agar dia dan keluarganya diberikan rejeki dan berkat agar melaluinya nama Tuhan dimuliakan dan ditinggikan. Sudahkah Saudara mendoakan sahabat Saudara yang jauh di sana?

Kewajibanku ialah memberitakan Injil Yesus Kristus setiap hari kepada semua orang dari berbagai lapisan masyarakat. Injil yang kuberitakan bukan dari diriku sendiri tetapi dari Alkitab. Karena Alkitab adalah firman Tuhan, satu-satunya yang diwahyukan Allah kepada manusia. Sudahkah Saudara hari ini memberitakan Injil Yesus Kristus?



Kewajiban Berbagi Berkat

Kewajibanku berbagi berkat rohani dan materi kepada anak-anak yang sudah mulai tumbuh menjadi remaja. Karena mereka calon pemimpin masa depan yang wajib belajar firman Tuhan, diberikan kecukupan makan-minum-pakaian, dan perhatian khusus. Kewajibanku mengajari dan menjadi teladan di depan mata mereka, bagaimana seharusnya hidup yang benar dan suci. Sekalipun aku seringkali gagal dan tidak dapat berbuat apa-apa. Kiranya Tuhan Yesus menolong kita memperbaiki diri dan memulai lagi perbuatan yang benar buat anak-anak. Sudahkan Saudara berbagi berkat rohani dan materi kepada anak-anak Saudara atau kepada anggota keluargamu?

Kewajibanku berkata-kata dengan jujur dan apa adanya; tentulah kulakukan dengan penuh tanggung jawab supaya orang lain tidak tersinggung; Namun apabila karena kebenaran yang kukatakan itu orang lain tidak menyukaiku; aku pun tetap mendoakannya. Kewajibanku berkata-kata dengan benar dan suci, memang ini masih terus kuusahakan, karena seringkali kepeleset mengucapkan kata-kata sia-sia. Kiranya Tuhan menolongku untuk berkata-kata dengan baik dan sopan. Maukah Saudara berkata-kata melalui media apa pun dengan kata-kata yang baik, sopan, dan membangun sesama?

Kewajibanku untuk menjaga kesehatan supaya tubuh tetap berguna mengerjakan tugas rutin atau dadakan. Karena itu kewajibanku untuk berolahraga minimum seminggu sekali, menjaga pola makan yang sehat, minum air secukupnya, istirahat malam hari dengan tepat waktu, dll. Sudahkah Saudara melakukan kewajiban kesehaan tubuh setiap hari?
Kewajibanku mendengarkan orang lain menyampaikan pendapatnya, sekalipun sulit dimengerti baik isi atau kata-katanya. Karena kita dapat belajar dari orang lain tentang kebenaran yang tersirat melalui pendapat orang lain. Sebab kita tahu segala kebenaran adalah kebenaran Allah. Mungkin saja orang itu berbeda dalam usia, budaya, pendidikan, status sosial, dll. Namun kita wajib mendengar pendapat mereka seperti layaknya orang lain mendengarkan pendapat kita. Bukankah kita ingin menerima yang baik dari orang lain, maka marilah kita juga melakukan dahulu yang baik kepada orang lain. Maukah Saudara belajar mendengar pendapat orang lain?

Kewajibanku membayar pajak, seperti yang telah dicontohkan Kristus. Sekalipun kita kurang memahami bagaimana proses dan pelaksanaan pengunaan pajak yang kita setorkan kepada pemerintah; namun kita diwajibkan membayar pajak sesuai dengan aturan yang berlaku. Kewajibanku membayar pajak bukan sekedar kepatuhan kepada pemerintah, tetapi kepatuhanku kepada Allah dan pemerintahan-Nya yang kekal dan berdaulat mutlak. Mungkin saja ada hal-hal yang kita ragukan atas penggunaan pajak, tetapi kewajiban pajak itu janganlah diabaikan karena alasan itu. Kita yang berkompeten atas pengawasan penggunaan pajak memiliki kewajiban untuk mengawasi pengelolaan pajak yang benar dan tepat. Dan kita yang tidak bersentuhan langsung dengan hal-hal itu dapat mendoakan pemerintah sebagai pengelola pajak tersebut. Sudahkah Saudara membayar pajak sesuai ketentuan yang berlaku dan mendoakan pengelolaannya?
Kewajibanku memperbaiki diri setiap hari supaya hidup sesuai kehendak Allah. Kita perlu memeriksa hati di hadapan Tuhan dengan firman-Nya agar hati kita tetap dibersihkan-Nya. Karena kita sadar bahwa kita memiliki berbagai kelemahan dan keterbatasan. Kita wajib melakukan pembaruan akal budi dan hati nurani dengan kuasa firman Tuhan dan Roh Kudus supaya langkah hidup kita berjalan sesuai dengan rancangan damai sejahtera-Nya. Kewajibanku ini dilakukan supaya aku tidak berlari-lari menilai dan menghakimi orang lain, tidak melihat selumbar di mata orang lain padahal balok di mataku belum dibersihkan. Karena itu kewajiban memperbaiki diri merupakan cerminan bagiku untuk lebih baik dari hari ini. Maukah Saudara memperbaiki diri setiap hari di hadapan Tuhan?
Kewajibanku mendorong orang lain untuk maju meraih masa depan. Mungkin kita pernah gagal atau putus asa, namun yang penting ialah jangalah kita putus asa dan kehilangan harapan. Jikalau kita masih hidup, berarti kita masih diberikan kesempatan untuk menjalankan pembaruan hidup dalam segala. Kita tidak perlu menyerah dengan keadaan, tetapi kita perlu terus menerus memperbarui keadaan dan menggunakan segala kesempatan yang ada untuk mencapai harapan baru. Maukah Saudara tetap berjuang mencapai yang terbaik?

Roedy Silitonga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar